ALIYAH ALMAARIF ADAKAN WORKSHOP DIGITALISASI SOAL UN

WhatsApp Image 2019-08-29 at 07.26.42
Rabu (28/8/19), bertempat di lab. TI lantai 2 MA Almaarif Singosari, para Bapak/Ibu guru kelas XII yang mengampu mata pelajaran wajib maupun jurusan mendapatkan pelatihan (workshop) digitalisasi soal UN. Tujuan diadakannya workshop ini guna menunjang kemampuan dan keterampilan para guru kelas XII dalam menyusun naskah soal try out UN berbasis digital. “Hasil dari penyusunan naskah soal ini nantinya akan diujikan atau diaplikasikan saat try out pertama kelas XII sekitar bulan September atau Oktober,” tutur Bapak Khoirul Anam, S.Pd., selaku waka kurikulum saat memberikan sambutannya di depan para peserta workshop.

Instruksi dari pendidikan madrasah maupun pemerintah pusat juga menjadi bahan pertimbangan kuat dalam penyelenggaraan workshop digitalisasi soal UN kali ini. Pendidikan madrasah pusat mengimbau agar setiap madrasah aliyah negeri maupun swasta dalam melaksanakan setiap ulangan atau ujiannya diharuskan berbasis digital, terlebih saat pelaksanaan UN. Suatu kewajiban bagi eksistensi MA Almaarif Singosari mengadakan workshop seperti ini agar tidak tertinggal atau mampu bersaing dengan madrasah-madrasah di tempat lain. Selain itu, juga suatu keharusan bagi guru mata pelajaran UN MA Almaarif Sigosari untuk mampu dan terampil menyusun naskah soal berbasis digital guna berperan aktif dalam mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Workshop digitalisasi soal UN yang diadakan oleh MA Almaarif Singosari ini dibuka langsung oleh Bapak Athok Yusuf Kurniawan, M.Pd. selaku kepala madrasah. Beliau sempat berpesan dalam sambutannya itu agar Bapak/Ibu guru mata pelajaran UN dan juga ke depannya bagi guru mata pelajaran lain diharapkan mampu dan terampil dalam menyusun naskah soal berbasis digital guna mengikuti perkembangan zaman. Secara resmi, workshop digitalisasi soal UN dibuka oleh beliau pada pukul 09.30 wib dan berlangsung sampai pukul 11.30 wib. Doa dan harapan beliau menjadi pembuka pelaksanaan workshop digitalisasi soal UN kali ini.

Selama pelatihan berlangsung, Bapak/Ibu guru peserta workshop tampak sangat antusias. Terlihat ketika mereka dengan sangat baik melaksanakan petunjuk dalam penggunaan aplikasi exam view yang disampaikan Bapak Faizul Fuad, S.Kom., M.M., sebagai pemateri atau tutor. “Hasil dari workshop kali ini diharapkan bisa ditularkan (getok tular) kepada Bapak/Ibu guru mapel lain karena semakin kita menerapkan ilmu dan membagikannya ke orang lain, maka ilmu tersebut akan terus bertambah dan tidak akan hilang,” ungkap Bapak Faiz di sela-sela menyampaikan materinya. Semoga dengan diadakannya workshop digitalisasi soal UN ini bisa menjadikan Madrasah Aliyah Almaarif Singosari maju, hebat, dan bermartabat. Tak lupa, semoga juga menjadikan sumber daya civitas academicanya unggul dan berkompeten, hingga semakin eksis dan SAE. #follow akun instagram @aliyahsgs

Singosari, 29 Agustus 2019
report by:
indra
Indra Nurdianto, S.Pd
www.indranurdianto.gurusiana.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *