Pesantren Talk Show Ramadan Cinta 1442 Hijriah

WhatsApp Image 2021-05-09 at 10.01.17 (1) WhatsApp Image 2021-05-09 at 10.01.17 (2)

Sabtu (8/5/21), program pesantren talk show ramadan cinta 1442 hijriah bersama para narasumber istimewa yang tayang di kanal youtube Media MA Almasima akhirnya usai juga digelar dengan sukses selama sepekan terakhir ini. Program pesantren ramadan virtual yang digagas oleh Humas Aliyah Almaarif ini sebelumnya telah tayang perdana secara live streaming pada hari Senin, 3 Mei 2021 pukul 09.30 s.d. 10.00 WIB. Program pesantren talk show ramadan yang dibuka langsung oleh Kepala MA Almaarif Singosari – Bapak Athok Yusuf Kurniawan, M.Pd. – ini mengangkat tema “Ramadan Cinta” sebagai bentuk kecintaan keluarga besar aliyah pada bulan mulia yang penuh rahmah dan maghfirah. Sewaktu Bapak Athok menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan kali ini, Beliau dengan penuh semangat mengutip slogan pesantren talk show ramadan yang berbunyi, “Perbaiki diri di bulan penuh cinta, teguhkan hati dalam keadaan yang istimewa” guna memacu antusias para penonton yang telah hadir di studio untuk bersiap menerima penjelasan materi dari narasumber.   

Pesantren ramadan kali ini digelar secara virtual sama seperti pelaksanaan pada tahun sebelumnya karena masih dalam kondisi dan situasi pandemi Covid-19. Kendatipun sama-sama ditayangkan secara live streaming atau live delay melalui kanal youtube Media MA Almasima, namun ada konsep yang baru atau sedikit berbeda dengan pesantren ramadan di tahun sebelumnya. Konsep acara pesantren ramadan tahun ini dikemas lebih interaktif dengan menghadirkan para penonton (guru dan siswa yang domisili rumahan) secara langsung ke studio. Para peserta pesantren talk show ramadan yang telah hadir di studio dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) ini bisa secara langsung bertanya mengenai problematik terkait materi yang disampaiakan narasumber. Adapun rangkaian kegiatan sebelum pelaksanaan acara pesantren talk show ramadan cinta kali ini, yakni para siswa melaksanakan sholat duha berjama’ah dan tadarus Alqur’an di musala Soeratmin, kampus MA Almaarif Singosari.

Para narasumber istimewa yang telah diundang untuk mengisi kajian pesantren talk show ramadan tahun ini secara live streaming antara lain, yaitu Ustaz Dr. Rosidin, M.Pd.I., yang mengupas materi Fikih Ramadan di Masa Pandemi Covid-19KH. Achmad Noer Junaidi, S.Pd., M.Si., mengupas materi Memperbaiki Diri di Bulan Ramadan pada Masa Pandemi Covid-19, dan Drs. KH. Ghoziadin Djupri, M.Pd., mengupas materi Azbabun Nuzul Surat Al-Qodr. Sedangkan narasumber lain yang juga hadir guna mengisi kajian pesantren talk show ramadan kali ini secara live delay, yakni Gus H. Ahmadi Fathul Wahab, Lc., yang mengupas materi History of Ramadan, Ustaz Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I., mengupas materi Spirit Ramadan Meningkatkan Akhlakul Karimah, dan Ustaz Drs. H. Nu’man Khumaidi, S.Pd., M.Pd.I., mengupas materi Cinta Ramadan Kuatkan Iman. Adapun moderator yang memandu acara dari awal sampai akhir sekaligus menemai para narasumber istemewa tersebut, yakni Bapak Indra Nurdianto, M.Pd., Bapak Diki Darma Adrivian, S.Pd., dan Bapak Abdul Rofi Kautsar, Lc., M.Pd.

Semoga kegiatan pesantren talk show ramadan tahun ini bisa membawa kemanfaatan dan keberkahan terutama bagi civitas academica MA Almaarif Singosari sekaligus bagi permirsa setia Media MA Almasima secara luas. Selanjutnya, program pesantren ramadan virtual ini diharapkan juga bisa terus eksis dan berkelanjutan pada tahun-tahun ke depan dengan tentunya membawa konsep baru, kreatif, serta inovatif. Sukses selalu untuk MA Almaarif Singosari. #Jangan lupa ikuti akun Instagram @aliyahsgs, sukai halaman Facebook @Madrasah Aliyah Almaarif Singosari, sekaligus subscribe channel Youtube Media MA Almasima

Singosari, 9 Mei 2021
report by:
pindra

Indra Nurdianto, M.Pd
http://indranurdianto.gurusiana.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *