Tasyakur dan Peresmian Dua Gedung Baru MA Almaarif Singosari

WhatsApp Image 2021-06-21 at 20.48.42 WhatsApp Image 2021-06-21 at 20.49.53 (1) WhatsApp Image 2021-06-21 at 20.49.53 WhatsApp Image 2021-06-21 at 20.49.54 (1) WhatsApp Image 2021-06-21 at 20.49.54 (2) WhatsApp Image 2021-06-21 at 20.49.54

Sabtu (19/6/21), segenap Bapak/Ibu guru beserta staf MA Almaarif Singosari dengan penuh antusias menghadiri acara tasyakur sekaligus peresmian dua gedung baru di lingkungan MA Almaarif Singosari, yakni kantor atau ruang guru serta gedung Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Tampak Bapak Drs. KH. Zanur Habib (Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Almaarif/YPA Singosari), Bapak KH. Anas Noer, S.H. (Wakil Ketua YPA Singosari), dan Bapak Drs. H. Fauzan Habib (Bendahara umum YPA Singosari) juga turut hadir dalam acara tasyakur sekaligus peresmian gedung baru tersebut. Tamu undangan khusus dari keluarga almaghfurlah Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan (Ketua Dewan Pembina YPA/Menteri Agama era Presiden Gus Dur), yaitu Ibu Hj. Harirah serta Ibu dr. Fatin (istri dan anak almaghfurlah) juga turut hadir menambah rasa kebersamaan diantara keluarga besar MA Almaarif Singosari pada hari itu.

Acara tasyakur pada pagi itu dilaksanakan di ruang guru sekaligus di depan dua gedung baru MA Almaarif Singosari yang digunakan sebagai tempat seremonial peresmian. Adapun acara tasyakur dimulai pada pukul 09.15 WIB yang dipandu oleh Ibu Nur Laili Nikmah, S.Pd., M.Pd.I., sebagai pembawa acara. Sementara itu, rangkaian acara tasyakur dan peresmian gedung baru tersebut diawali dengan pembukaan, sambutan kepala MA Almaarif Singosari, sambutan pengurus harian Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari, pembacaan doa, seremonial peresmian gedung baru, dan ramah tamah. Selama pelaksanaan rangkaian acara tasyakur dan peresmian gedung baru di lingkungan MA Almaarif ini Bapak/Ibu guru dan staf sekaligus tamu undangan telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 (mengecek suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Seusai dibuka dengan bacaan Ummul Qur’an secara bersama-sama, acara pertama dimulai dengan sambutan oleh Bapak Athok Yusuf Kurniawan, M.Pd., selaku kepala MA Almaarif Singosari. Bapak/Ibu yang saya hormati, Alhamdulillah wa syukrulillah mulai saat ini MA Almaarif Singosari telah memiliki kantor dan ruang guru baru. Selain itu, juga telah terbangun dengan megah gedung Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan berlantai tiga yang insyaAllah akan difungsikan sebagai koperasi untuk lantai pertama, ruang BK dan Tatib untuk lantai kedua, serta laboratorium IPA untuk lantai ketiga,” ungkap Pak Athok saat menyampaikan sambutan. Di dalam sambutannya tersebut, beliau juga menginformasikan pada hadirin (Bapak/Ibu guru beserta staf MA Almaarif Singosari sekaligus tamu undangan) bahwasanya dua gedung baru di lingkungan MA Almaarif Singosari yang akan diresmikan tersebut telah dibangun dengan dana sekitar 3,5 miliar.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan kedua oleh Bapak KH. Anas Noer, S.H., selaku wakil ketua pengurus harian Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari. Di dalam sambutannya, beliau mengulas tentang esensi acara tasyakur dan peresmian gedung baru di lingkungan MA Almaarif Singosari tersebut. Beliau menuturkan bahwasannya MA Almaarif Singosari yang kini telah memiliki gedung baru dengan mewah dan megah tidak bisa terlepas dari perjuangan para pendahulu atau perintis. Beliau juga mengajak pada segenap Bapak/Ibu beserta staf sekaligus tamu undangan untuk membacakan suratul fatihah yang ditujukan pada para pendahulu atau perintis, khususnya almaghfurlah KH. Masykur (Pendiri Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari yang juga sebagai pahlawan nasional sejak dinobatkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019).

Bapak KH. Anas Noer, S.H., juga menyampaikan beberapa pesan khusus pada Bapak/Ibu guru beserta staf MA Almaarif Singosari terkait pemanfaatan atau penggunaan gedung baru yang akan diresmikan tersebut. “Saya berharap dua gedung baru di lingkungan MA Almaarif Singosari ini tidak sama halnya seperti bangunan rumah sakit, terlihat mewah dan megah dari luar, tetapi di dalamnya dihuni oleh orang-orang yang sedang susah atau sakit. Semoga dua gedung baru yang akan difungsikan oleh keluarga besar MA Almaarif Singosari ini bisa membawa kebahagiaan dan kerukunan bagi para penghuninya sekaligus juga mampu membawa pencapaian-pencapaian prestasi dalam semua bidang sesuai tujuan para pendiri atau perintis,” pesan Pak Anas sewaktu menyampaikan sambutan.

Acara tasyakur diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Bapak Drs. KH. Zanur Habib sebagai sesepuh di lingkungan Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari. Beliau memberikan sedikit pengantar sebelum memimpin doa, bahwasannya doa yang akan dibacakan beliau dalam acara tasyakur tersebut merupakan doa yang sering dibaca oleh almaghfurlah KH. Masykur dan almaghfurlah KH. Nur Aziz sebagai salah seorang pendiri atau perintis YPA. Seusai memimpin doa, beliau juga memberikan sedikit pesan pada Bapak/Ibu guru dan staf sekaligus tamu undangan bahwasannya acara tasyakur dan peresmian gedung baru di lingkungan MA Almaarif Singosari ini semata-mata sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT atau tahaddust bin nikmah.

Rangkaian acara selanjutnya, yakni seremonial pemotongan pita dalam rangka peresmian kantor atau ruang guru MA Almaarif Singosari sekaligus gedung Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Sambil diiringi lantunan salawat yang dibacakan Bapak Moh. Yono, S.Pd., pemotongan pita pertama dilaksanakan di depan gedung Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan oleh Ibu Hj. Harirah selaku perwakilan dari keluarga almaghfurlah. Disambung dengan pemotongan pita kedua yang dilaksanakan di depan kantor atau ruang guru oleh Bapak Drs. KH. Zanur Habib. Tampak segenap Bapak/Ibu guru beserta staf MA Almaarif Singosari menyaksikan secara antusias dan penuh khidmat saat prosesi seremonial peresmian gedung baru tersebut. Acara tasyakur dan peresmian gedung baru di lingkungan MA Almaarif Singosari ini diakhiri dengan ramah tamah sekaligus pemotongan tumpeng sebagai tanda rasa syukur atas nikmat-Nya.

Semoga dua gedung baru di lingkungan MA Almaarif Singosari ini senantiasa membawa keberkahan, kebermanfaatan, dan kemajuan bagi Bapak/Ibu guru berserta staf sekaligus siswa-siswi, baik di dunia maupun di akhirat. Amin. #jangan lupa kunjungi laman website: www.ma-almaarif-sgs.sch.id, ikuti akun instagram: @aliyahsgs, sukai halaman Facebook: Madrasah Aliyah Almaarif Singosari, dan subscribe channel youtube: Media MA Almasima

Singosari, 22 Juni 2021
report by:
WhatsApp Image 2021-06-05 at 11.26.54

Indra Nurdianto, M.Pd
http://indranurdianto.gurusiana.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *