Tasyakur Kelulusan Siswa Kelas XII ke-52

WhatsApp Image 2021-06-05 at 11.23.40  WhatsApp Image 2021-06-05 at 11.23.40 (2) WhatsApp Image 2021-06-05 at 12.16.12

Sabtu (29/5/21), civitas academica MA Almaarif Singosari sukses menggelar acara tasyakur kelulusan siswa kelas XII ke-52 tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi. Pelaksanaan acara tasyakur angkatan tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni bertempat di Auditorium Mahmud Yunus, Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari. Acara tasyakur kelulusan kali ini masih terbatas dan belum bisa mengundang kembali seluruh wali siswa sebagaimana acara wisuda purnasiswa di kala kondisi normal. Hal tersebut dilakukan oleh MA Almaarif Singosari dalam rangka patuh terhadap peraturan pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19, sehingga penggunaan Auditorium Mahmud Yunus untuk kegiatan ini hanya diisi separuh dari kapasitas masksimum. Selain itu, selama acara tasyakur berlangsung para siswa dan hadirin juga dihimbau oleh panitia agar tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna memutus rantai penyebaran virus corona yang sampai saat ini masih mewabah.

Acara tasyakur kelulusan tahun ini didahului dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Yalal Wathon, dan Mars MA Almaarif Singosari secara bersama-sama. Semangat nasionalisme terasa begitu bergelora ketika suara bergemuruh menjadi satu menyanyikan kedua lagu kebangsaan tersebut di dalam Auditorium Mahmud Yunus. Sekitar pukul 08.20 WIB acara tasyakur kelulusan siswa kelas XII ke-52 dibuka dengan bacaan surat al-Fatihah seusai susunan acara dibacakan oleh Bapak M. Abdullah Charis, M.Pd., dan Ibu Diati Nur Amalia, S.S., sebagai master of ceremony (MC). Acara dilanjutkan dengan pembacaan kalam Ilahi oleh siswa berprestasi M. Zaky Arrosidy dari kelas XII IBB 1 yang semakin menambah keberkahan suasana acara tasyakur kelulusan pada pagi hari itu. Tampak pula para siswa dan hadirin sangat khidmat mendengarkan ayat-ayat suci Alqur’an yang dilantunkan dengan merdu oleh Zaky (peraih juara pertama lomba murotal video competition nasional yang diselenggarkan oleh Masjid Salman, Institut Teknologi Bandung tahun 2021).

Acara dilanjutkan dengan sambutan atas nama wakil siswa yang disampaikan oleh Diva Arifatul Fildza dari kelas XII IIS 3. Diva yang mewakili teman-teman dari kelas XII menyampaikan ucapan terima kasih, permohonan maaf, serta harapan baik pada segenap dewan guru beserta staf selama mereka manjadi siswa sekaligus alumni MA Almaarif Singosari. Sambutan selanjutnya dari Bapak Athok Yusuf Kurniawan, M.Pd., selaku kepala MA Almaarif Singosari yang membawa energi positif tersendiri bagi siswa-siswi kelas XII. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kabar gembira mengenai jumlah keseluruhan siswa kelas XII dari semua jurusan atau program (IBB/Bahasa, MIA/IPA, dan IIS/IPS) yang telah dinyatakan lulus untuk ditasyakuri. Selain itu, beliau juga menyampaikan nama-nama siswa kelas XII yang telah diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN undangan maupun SPAN-PTKIN sekaligus nama-nama siswa yang telah meraih juara pada lomba bidang akademik maupun non akademik mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, sampai nasional. Di ujung sambutan, beliau memberikan apresiasi pada Bapak Indra Nurdianto, M.Pd., selaku guru bahasa Indonesia yang telah sukses menyelesaikan beasiswa studi magisternya, sehingga dinyatakan lulus sebagai wisudawan terbaik UNISMA periode 64 tahun akademik 2019/2020 dengan perolehan IPK 4,00.

Bapak H. Asy’ari Sarbani, S.H., selaku ketua Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari juga berkesempatan memberikan sambutan secara langsung dalam acara tasyakur kelulusan kali ini. Beliau menceritakan awal mula proses berdirinya MA Almaarif Singosari pada tahun 1966, yang mana keberadaaanya tidak bisa terlepas dari embrio Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari, yakni Madrasah Misbahul Wathon yang lahir pada tahun 1923. Beliau juga menambahkan bahwa almaghfurlah KH. Masykur yang saat itu masih berusia 19 tahun telah menjadi pendiri lembaga yang mempunyai harapan besar dalam menyiapkan para generasi muda agar sanggup berjuang demi kemerdekaan bangsa. Dalam sambutannya tersebut, Bapak Asy’ari juga berharap agar alumni MA Almaarif Singosari harus tetap eksis dalam melanjutkan perjuangan para pendiri untuk selalu mengibarkan bendera akidah ahlus sunnah wal jama’ah dimanapun berada. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa ada empat tokoh perintis berdirinya MA Almaarif Singosari yang memiliki jasa sangat besar, salah satunya Almaghfurlah Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. “Saya teringat bahwa pelaksanaan tasyakur kelulusan hari ini, tanggal 29 Mei 2021 bertepatan dengan dua tahun wafatnya Almaghfurlah Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Mari kita kirim doa bacaan surat al-Fatihah untuk para pendiri MA Almaarif Singosari, khususnya Kyai Tholhah sebagai ketua dewan pembina YPA,” ajak beliau sewaktu menyampaikan sambutan.

Sambutan terakhir dalam acara tasyakur kelulusan ke-52 kali ini datang dari Ibu Dr. Hj. Luluk Farida, S.Pd.I., M.Pd., sebagai perwakilan wali siswa yang juga berstatus alumni MA Almaarif Singosari angkatan tahun 1993. Dalam sambutannya, Ibu Luluk menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf pada para guru sekaligus bercerita tentang pengalaman nostalgia sewaktu menjadi siswi MA Almaarif Singosari. “Saya mewakili wali siswa sebagai orang tua sangat berterima kasih pada para guru MA Almaarif Singosari yang telah dengan ikhlas dan sabar mendidik anak-anak kami. Kami juga memohon maaf belum sepenuhnya bisa berkerja sama dengan para guru dalam membimbing anak-anak kami, bukan berarti kami pasrah tanpa perhatian, melainkan kami mempercayakan anak-anak kami untuk dididik dan dibimbing oleh para guru MA Almaarif Singosari, yang mana beliau-beliau ini juga merupakan guru saya. Tidak ada istilah mantan guru, justru keberkahan dan kemanfaatan ilmu akan terasa seusai menjadi alumni, hal ini saya rasakan dan buktikan sendiri sampai sekarang, semoga bisa menjadi motivasi bagi anak-anak kami,” ujar Bu Luluk dengan penuh semangat.

Lantas sebagaimana acara wisuda purnasiswa, dalam acara tasyakur kelulusan kelas XII kali ini juga ada penobatan nama-nama siswa peraih nilai UMBK tertinggi, siswa berprestasi, dan siswa yang telah menyelesaikan hafalan tiga puluh juz. Bapak Khoirul Anam, S.Pd., selaku Waka Kurikulum membacakan surat keputusan Kepala MA Almaarif Singosari mengenai nama-nama siswa yang akan diberi penghargaan. Ada sepuluh siswa yang mendapatkan penghargaan, yakni tiga siswa peraih nilai UMBK tertinggi dari masing-masing jurusan, tiga siswa berprestasi di bidang akademik dan non akademik, serta empat siswa yang telah menyelesaikan hafalan tiga puluh juz. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh kepala MA Almaarif Singosari, ketua Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari, dan ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari pada para siswa yang namanya tercatat dalam surat keputusan.

Acara puncak tasyakur berlangsung ketika prosesi pengalungan kordon secara simbolik oleh masing-masing pewakilan siswa dari tiga jurusan. Ada momentum yang mengharukan dalam prosesi tersebut, yakni sewaktu pengalungan kordon secara simbolik pada bingkai foto ananda Abil dari kelas XII MIA 2 yang telah meninggal dunia. Tampak tetesan air mata membasahi pipi para hadirin yang ada di dalam auditorium. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar siswa sebagai janji para alumni MA Almaarif Singosari angkatan ke-52 agar selalu membawa nama baik almamater. Kemudian, disambung dengan penyampaian pesan moral oleh Bapak Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I., salah satu guru senior MA Almaarif Singosari. Beliau berpesan pada para siswa kelas XII yang ditasyakuri agar selalu menjaga marwah almamater sekaligus mengingat jasa para guru MA Almaarif Singosari, baik itu yang mengajar maupun tidak mengajar di kelas mereka. Beliau berharap agar kebermanfaatan dan keberkahan ilmu selalu menaungi para kelas XII yang ditasyakuri. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Zanur Habib selaku ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan MA Almaarif Singosari. Semoga acara tasyakur kelulusan ke-52 ini membawa keberkahan tersendiri untuk seluruh keluarga besar MA Almaarif Singosari. Amin. #Jangan lupa ikuti akun Instagram @aliyahsgs, sukai halaman Facebook @Madrasah Aliyah Almaarif Singosari, sekaligus subscribe channel Youtube Media MA Almasima

 

Singosari, 5 Juni 2021
report by:
WhatsApp Image 2021-06-05 at 11.26.54

Indra Nurdianto, M.Pd
http://indranurdianto.gurusiana.id

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *