Tasyakur Puncak Harlah ke-55 MA Almaarif Singosari

Rabu (1/09/21), segenap keluarga besar MA Almaarif Singosari turut serta dalam memeriahkan acara tasyakur puncak harlah aliyah yang ke-55 (1 September 1966 – 1 September 2021). Acara tasyakur yang dilaksanakan di gedung Aula MA Almaarif Singosari ini juga ditayangkan secara langsung melalui kanal youtube MA Almaarif Singosari dan virtual zoom meeting harlah MA Almaarif Singosari ke-55. Namun, ada sedikit yang berbeda dalam acara tasyakur puncak harlah ke-55 kali ini. Seluruh siswa MA Almaarif Singosari yang berdomisili di pesantren untuk sementara belum bisa bergabung bersama di aula madrasah karena situasi masih dalam masa pandemi dan perpanjangan PPKM. Kendati demikian, hal ini tidak menyurutkan semangat para siswa dan tidak pula mengurangi kemeriahan pelaksanaan acara tasyakur puncak harlah ke-55 dari masing-masing pesantren. Tampak seluruh siswa MA Almaarif Singosari yang berdomisili di pesantren tersebut tetap antusias mengikuti jalannya acara tasyakur melalui kanal youtube yang ditayangkan di masing-masing pesantren oleh para panitia bersama pengurus.

          Agenda tasyakur pada puncak harlah ke-55 MA Almaarif Singosari tahun ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Susunan acara secara runtut diawali dari pra acara yang diisi oleh tim banjari MA Almaarif Singosari, pembukaan acara oleh MC, khotmil Qur’an dan tahlil serentak, pembacaan ayat-ayat suci Alquran, sambutan kepala MA Almaarif Singosari, penyerahan apresiasi pembina dan siswa pemenang lomba KSMO (Kompetisi Sains Madrasah Online) tingkat kabupaten, sambutan ketua Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari, pidato harlah atau sambutan rektor UNISMA, pemutaran video ucapan selamat harlah ke-55, pengumuman pemenang lomba harlah ke-55, pemotongan tumpeng, serta doa penutup. Adapun acara tasyakur pada pagi hari itu dibuka dengan bacaan Surah al-Fatihah yang dipimpin oleh Bapak Diki Darma Andrivian, S.Pd., selaku mastef of ceremony atau pemandu acara seusai penampilan dari tim banjari MA Almaarif Singosari.

          Acara dilanjutkan dengan pembacaan tawasul, khotmil Qur’an, tahlil, dan doa khotmil Qur’an yang secara berurutan dipimpin langsung oleh Bapak Achmad Istiono, S.Pd.I., Bapak Musthofa Al-Makki, M.Pd., Bapak M. Abdullah Charis, M.Pd., dan Bapak Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I. Tampak khusyuk dan penuh khidmat para Bapak/Ibu guru, siswa-siswi, pengurus YPA, dan khususnya alumni yang telah tersambung melalui zoom meeting atau kanal youtube MA Almaarif Singosari dalam mengikuti jalannya khotmil Qur’an sekaligus pembacaan tahlil serentak. Rangkaian acara ini berlangsung selama kurang lebih satu jam dan berjalan dengan lancar. Selanjutnya, acara diisi dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran yang dilantunkan oleh Achmad Royyan Ikromi dari kelas XII IBB 1 sebagai juara MTQ harlah aliyah ke-55. Selama dilantukan ayat-ayat suci Alquran, tampak hadirin dengan penuh khidmat mendengarkan sekaligus mentadabburi setiap isi kandungan dari ayat-ayat suci Alquran tersebut. Momentum ini menjadi tambahan keberkahan jalannya acara pada pagi hari itu.

          Sambutan oleh Bapak Abdul Kadir, S.H., selaku Kepala MA Almaarif Singosari menyambung acara tasyakur harlah aliyah yang ke-55 kali ini. Di dalam sambutannya tersebut, Bapak Kadir mengungkapkan rasa syukur sekaligus mengajak kepada seluruh guru beserta staf MA Almaarif Singosari untuk selalu membudayakan layanan RAPI (Ramah, Antisipatif, Proaktif, dan Integratif),terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada siswa, wali siswa, warga madrasah, serta masyarakat. Hal ini diilhami pasca Bapak Kadir bersama tim MA Almaarif Singosari melakukan keliling atau kunjungan ke beberapa kampus di Kota Malang, seperti UIN, UB, UNISMA, dan lain-lain. Di saat bertemu dengan para rektor dan guru besar yang usianya terhitung lebih sepuh, ternyata beliau-beliau masih tetap semangat dalam memberikan pelayanan maksimal kepada siapapun. Sehingga, pada momen tersebut tercetuslah sebuah gagasan budaya layanan RAPI bagi warga MA Almaarif Singosari.

          Selanjutnya, Bapak Kadir juga menjabarkan setiap butir budaya layanan RAPI (Ramah, Antisipatif, Proaktif, dan Integratif) yang menjadi acuan pelayanan di MA Alamaarif Singosari tersebut. Pertama, ramahyang diharapkan bagi warga madrasah dalam memberikan layanan selalu baik hati, budi bahasanya menarik, serta tutur kata dan sikapnya manis. Kedua, antisipatif yang diharapkan bagi warga madrasah dalam memberikan layanan selalu memiliki sikap tanggap terhadap sesuatu yang sedang atau akan terjadi. Ketiga,proaktifyang diharapkan bagi warga madrasah dalam memberikan layanan selalu memiliki sikap aktif dalam merespons segala hal yang terjadi di lingkungan madrasah. Keempat,integratifyang diharapkan bagi warga madrasah dalam memberikan layanan selalu memiliki pemahaman bahwa kita semua terpada antara satu dengan lainnya.

          Di sela-sela menyampaikan sambutan, Bapak Kadir yang atas nama madrasah juga memberikan apresiasi kepada para pembina dan siswa pemenang KSMO tingkat Kabupaten yang akan melaju ke tingkat provinsi. Para pembina dan siswa tersebut, yakni Ibu Nurul Himmah, S.Pd., bersama Alya Nidya Karina (pembina dan siswa juara 1 KSMO kimia terintegrasi), Ibu Nur Laili Nikmah, S.Pd., M.Pd.I., bersama Diana Anggita Nareswari (pembina dan siswa juara 1 KSMO ekonomi terintegrasi), serta Bapak Muhammad Zaky Tatsar, M.Pd., bersama Ovy Chandra Singhasari (pembina dan siswa juara 3 KSMO fisika terintegrasi). Di akhir sambutan, Bapak Kadir berpesan kepada segenap warga madrasah untuk senantiasa menata niat dan memiliki fungsi kemanfaatan sebagaimana kutipan dari salah satu nadhom di dalam kitab Mawahibus Shomad karya Syekh Ahmad bin Ruslan As-Syafi’i yang artinya, “Ketika engkau melanggengkan niat itu sampai pada akhir amal dan tentunya karena Allah, maka kita akan mendapatkan pahala kelak di akhirat.”

          Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak As’ary Sarbani, S.H., selaku ketua Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari. “Semua dewan guru dan semua pengurus yayasan mari kita laksanakan apa yang sudah digariskan oleh almaghfurlah Prof. Dr. KH. Moch. Tholhah Hasan bahwa kita mengabdi di lingkungan YPA ini harus senantiasa ikhlas semata-mata karena Allah SWT,  jujur atau kejujuran, rukun atau kerukunan, dan sabar atau kesabaran,” tutur Bapak As’ary di dalam sambutannya tersebut. Sambutan terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si., selaku anggota dewan pembina YPA sekaligus rektor UNISMA dan wakil ketua umum Forum Rektor se-Indonesia. “Sekali lagi saya ucapkan hari lahir Madrasah Aliyah Almaarif Singosari, jaya terus, berkembang terus, kembangkan daya kompetitif, kembangkan daya komperatif. InsyaAllah Madrasah Aliyah Almaarif Singosari menjadi terdepan di dalam pengembangan pendidikan, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga pada tingkat internasional,” tutup Bapak Masykuri di dalam sambutannya.

          Acara dilanjutkan dengan pemutaran video ucapan selamat harlah ke-55 MA Almaarif Singosari yang datang dari berbagai pihak atau kalangan. Ucapan-ucapan selamat tersebut, diantaranya dari Prof. Dr. Mayskuri Bakri, M.Si. (Rektor UNISMA), Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA. (Rektor UIN Malang), Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, AR., MS. (Rektor UB Malang), Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, M.Ag. (Rektor STAIMA Al-Hikam Malang), H. Imron Rosyadi Hamid, S.E., M.Si. (Rektor UNIRA Malang), Ki Ardi Poerboantono, S.Pd. (Dalang Arema atau Pengurus PP. Lesbumi PBNU), Husnul Hakim SY, M.H. (Ketua PC GP Ansor Kabupaten Malang), H. Noor Shodiq Askandar, S.E., M.M. (Ketua PWLP Ma’arif NU Jawa Timur sekaligus wakil rektor 2 UNISMA), Maryam Bahrudin (Sekretaris PW Muslimat NU Jawa Timur), A. Zulham Mubarak (Ketua Umum Milenial UTAS), dan Moch. Hanif Nasyekh (Ketua PAC GP Ansor Singosari).

          Berbagai ucapan selamat harlah ke-55 juga datang dari keluarga besar YPA Singosari dan beberapa pengasuh pesantren di lingkungan Singosari. Ucapan-ucapan tersebut, diantaranya  Drs. KH. Moh. Zanur Habib (Ketua dewan pembina YPA), H. M. Asj’ari Sarbani, S.H. (Ketua YPA), Drs. H. Fachrudin Subekti (Ketua Komite MA Almaarif Singosari), Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I. (Kepala MA Almaarif Singosari Periode 1999–2008), Drs. H. Moh. Mundzir, M.Si. (Kepala MA Almaarif Singosari Periode 2008–2016), Athok Yusuf Kurniawan, M.Pd. (Kepala MA Almaarif Singosari Periode 2016–2021), Ibu Nyai Hj. Anisah Mahfudz, M.AP (Pengasuh PP. Al-Islahiyah Singosari), Ibu Nyai Hj. Ummu Zahroh Mannan, M.Pd. (Pengasuh PPQ. Putri Nurul Huda Singosari),  KH. Ibnu Hamdun (Pengasuh PPQ. Putri Nurul Huda Singosari), Gus Abdullah Murtadho (Ketua Umum PIQ Singosari), dan Dr. KH. M. Nurfakih, M.Ag. (Pendiri sekaligus Pengasuh Ma’had Dar Al-Hikmah Singosari).

          Acara selanjutnya diisi dengan pengumuman pemenang serangkaian festival harlah ke-55 yang dipandu oleh Bapak Abdul Rofi Kautsar, M.Pd., selaku ketua panitia harlah. Para siswa, baik yang tersambung melalui media virtual dan yang datang sebagai perwakilan kelas tampak antusias selama pengumuman para pemenang tersebut. Pertama,lomba videografi dengan kelas XII IIS 3 (Juara 1), kelas XI MIA 3 (Juara 2), dan kelas X IIS 1 (Juara 3). Kedua, lomba esai dengan Nabrisatul Chusna bil Makky XII MIA 3 (Juara 1), Kartika Rahma Nurani XI IBB 2 (Juara 2), M. Adam Abdillah X MIA 2 (Juara 3). Ketiga, lomba kaligrafi dengan A. Nur Hafidz XII MIA 1 (Juara 1), M. Afrin Hidayatulloh X MIA 3 (Juara 2), dan M. Kevin Vedora XI IBB 1 (Juara 3). Keempat, lomba cipta puisi dengan Aisyah Firyal Maulidya XII MIA 1 (Juara 1), Dicky Zanuar Maulana XI IBB 1 (Juara 2), dan Brian Singgih Hardiansyah XI MIA 2 (Juara 3). Kelima, lomba pop islami dengan Alfina Rosyi Rifanda XII MIA 3 (Juara 1), Zahwa Maulidiyah XI MIA 1 (Juara 2), dan Sendi Nabila Putri X MIA 3 (Juara 3). Keenam, lomba MTQ dengan A. Royyan Ikromi XII IBB 1 (Juara 1), Ahmad Indi Saputra XII IBB 1 (Juara 2), dan Raka Alfarizi (XII IIS 3).

          Acara tasyakur puncak harlah ke-55 MA Almaarif Singosari pada hari itu ditutup dengan doa yang dimpimpin oleh Drs. KH. Zanur Habib selaku ketua dewan pembina YPA. Alhamdulillah, acara tasyakur telah berjalan dengan lancar mulai awal hingga akhir sekaligus membawa energi baru yang positif untuk seganap civitas academika MA Almaarif Singosari. Semoga MA Almaarif Singosari tetap jaya dan maju untuk selamanya. Aamiin. #jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun instagram @aliyahsgs, dan tambahkan teman facebook MA Almaarif Singosari

Singosari, 06 September 2021
report by:
WhatsApp Image 2021-06-05 at 11.26.54

Indra Nurdianto, M.Pd
http://indranurdianto.gurusiana.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *