Tim Gelem Manis Masima Sukses Gelar Literasi Ramadan

WhatsApp Image 2021-05-04 at 06.37.31 WhatsApp Image 2021-05-04 at 06.37.32 (1)

Jumat (30/04/21) atau bertepatan dengan tanggal 18 Ramadan 1442 Hijriyah, tim Gelem (Gerakan Literasi Madrasah) Manis (Madrasah Menulis) Masima (MA Almaarif Singosari Malang) sukses gelar literasi Ramadan untuk kali pertama. Tim yang dikoordinatori oleh Ibu Himmah Mufidah, S.S., M.Pd., ini telah berhasil menyelenggarakan lomba menulis cerpen dan puisi madrasah bagi siswa-siswi kelas X – XII yang tergabung dalam Linimasa (Literasi Milenial Madrasah Aliyah Almaarif Singosari). Perlombaan yang dilaksanakan mulai tanggal 23 s.d. 28 April 2021 ini mengangkat tema “Literasi Ramadan Berkarya Menembus Batas.” Adapun pelaksanaan lomba tersebut juga menjadi penanda awal realisasi program gerakan literasi madrasah, khususnya di MA Almaarif Singosari yang disesuaikan dengan konsep merdeka belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (RI).

Teknis perlombaan literasi Ramadan kali ini terbilang unik, yakni seluruh siswa-siswi MA Almaarif Singosari dipersyaratkan harus bergabung terlebih dahulu ke dalam grup WhatsApp (WAG) Sekolah Menulis SAE melalui tautan yang telah dibagikan oleh tim Gelem Manis Masima. Selanjutnya, siswa-siswi yang telah masuk WAG tersebut berarti telah resmi menjadi peserta literasi Ramadan sekaligus sebagai anggota Linimasa. Para peserta lomba literasi Ramadan juga diharuskan menulis karya sastra terbaiknya berupa puisi atau cerpen. Tulisan karya siswa Linimasa yang terkumpul tersebut akan dinilai secara langsung oleh tim Gelem Manis Masima untuk ditentukan kategoriya sebagai penulis terbaik I, II, dan III. Tentunya para penulis terbaik akan mendapatkan apresiasi dari Tim Gelem Manis Masima berupa uang pembinaan, piagam penghargaan, dan bingkisan buku menarik, sedangkan para peserta lainnya yang masih belum beruntung akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan.

Pengumuman pemenang lomba menulis puisi atau cerpen literasi Ramadan dilaksanakan di perpustakaan baru MA Almaarif Singosari dimulai pukul 10.00 WIB. Puncak kegiatan yang dihadiri langsung oleh Bapak Athok Yusuf Kurniawan, M.Pd., selaku kepala MA Almaarif Singosari ini telah membawa energi positif tersendiri bagi Tim Gelem Manis Masima dan siswa Linimasa untuk selalu antusias berliterasi. Terima kasih pada tim gerakan literasi madrasah yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan literasi Ramadan kali ini. Selamat juga bagi para penulis terbaik yang telah tergabung dalam Linimasa dan semoga kegiatan literasi di Madrasah kita terus maju dalam berkarya menembus batas,’’ ungkap Bapak Athok sewaktu menyampaikan sambutan.

Ada tiga penulis terbaik yang terpilih berdasarkan hasil penjurian dari tim Gelem Manis Masima dalam ajang literasi Ramadan kali ini, yaitu M. Raf Rafy Al-Ghiyats kelas XII IBB 2 sebagai penulis terbaik I, Aisyah Firyal Maulidya  kelas XI MIA 1 sebagai penulis terbaik II, dan Indriati Aulia Permadani kelas X MIA 2 sebagai penulis terbaik III. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bapak Athok pada ketiga penulis terbaik tersebut. Kegiatan hari itu diakhiri dengan foto bersama oleh Kepala MA Almaarif Singosari, Tim Gelem Manis Masima, dan siswa Linimasa. Semoga kegiatan literasi di MA Almaarif Singosari terus hidup dan semakin maju dalam berkarya menembus batas. #jangan lupa ikuti akun instagram @aliyahsgs dan sukai halaman Facebook @Madrasah Aliyah Almaarif Singosari

WhatsApp Image 2021-05-04 at 06.37.33 (1)

Singosari, 4 Mei 2021
report by:
pindra

Indra Nurdianto, M.Pd
http://indranurdianto.gurusiana.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *