Bahas Literasi Madrasah, Pustakawan Aliyah Gelar Diskusi Ringan

Kamis (30/9/21), pustakawan MA Almaarif Singosari untuk pertama kali gelar diskusi ringan bersama sobat pustaka aliyah, perwakilan anggota Himpunan Siswa Penulis (HSP), dan perwakilan guru kelas. Diskusi yang bertempat di ruang baca Perpustakaan MA Almaarif Singosari ini dimulai seusai salat Zuhur. Pada diskusi kali ini pustakawan aliyah memaparkan beberapa program literasi perpustakaan yang dalam pelaksanaannya nanti akan berkolaborasi dengan para penggiat literasi madrasah. Sebelumnya, Ibu Uswatur Roifa selaku tenaga pustakawan aliyah menyadari pentingnya sebuah kolaborasi dalam merealisasikan beberapa program literasi perpustakaan yang telah disusun. Antusiasme para penggiat literasi madrasah tampak melengkapi diskusi ringan pada siang hari itu. “Abad 21 dikenal dengan era kolaborasi, yakni era yang memprioritaskan kerja sama dalam berbagai aspek kebaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya merealisasikan kolaborasi di bidang literasi madrasah,” terang Pak Indra selaku perwakilan guru kelas di sela-sela diskusi.

            Orientasi diskusi ringan kali ini lebih cenderung pada merealisasikan kolaborasi mutualisme antara pustakawan dan pemustaka (segenap civitas academika MA Almaarif Singosari) dalam meningkatkan minat literasi warga madrasah di berbagai aspek. Pada kesempatan diskusi itu pustakawan aliyah juga mengajak sobat pustaka dan anggota tim HSP untuk bersiap mendigitalisasikan perpusatakaan MA Almaarif Singosari sebagai salah satu terobosan program inovatif. Kendati jangka yang diambil akan memakan waktu lama, namun cita-cita bersama ini merupakan bentuk rasa kepedulian dalam memiliki Perpustakaan MA Almaarif Singosari sebagai pusat sumber belajar yang menyenangkan kedepannya. “Perpustakaan mengambil langkah untuk menjadi wadah kreativitas siswa, baik dalam kepenulisan, seni, fotografi, dan kegiatan-kegiatan literasi lainnya yang dipersiapkan dan dikaji secara menarik atau menyenagkan,” pungkas Ibu Roifa selaku salah satu tenaga pustakawan. Semoga Perpustakaan MA Almaarif Singosari semakin eksis dalam menjalankan berbagai program inovatif di era digitalisasi ini. Salam literasi. (DAN/Red)

*Penulis merupakan ketua Himpunan Siswa Penulis (HSP)/Ekstrakurikuler Jurnalistik

#jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube (YT) MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun Instagram (IG) @aliyahsgs,dan tambahkan teman facebook (FB) MA Almaarif Singosari

Singosari, 03 Oktober 2021
report by:

Diana Anggita Nareswari (XI IIS 1)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?