Kilas Studi Banding MA An-Nawawi Berjan Purworejo ke MA Almaarif Singosari

Kamis (6/1/22), sebanyak 337 siswa beserta 20 guru MA An-Nawawi Berjan, Purworejo, Jawa Tengah untuk kali pertama berkunjung ke MA Almaarif Singosari dalam rangka studi banding. Kedatangan rombongan MA An-Nawawi Berjan kali ini secara khusus tidak lain untuk mempererat tali silaturahim/persaudaraan sekaligus menjalin hubungan kerja sama mutualisme dengan MA Almaarif Singosari. Adapun sekitar pukul 09.00 WIB, tujuh bus rombongan MA An-Nawawi Berjan telah sampai di Pujisari Singosari sebagai titik lokasi pertama kedatangan. Para petugas dari PK. IPNU-IPPNU didampingi beberapa guru MA Almaarif Singosari melakukan penyambutan awal rombongan di lokasi kedatangan tersebut.

Selanjutnya, rombongan MA An-Nawawi Berjan diajak menuju ke Auditorium Mahmud Yunus untuk mengikuti acara seremonial penyambutan oleh para pimpinan MA Almaarif Singosari bersama pengurus Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari. Tampak siswa-siswi MA An-Nawawi Berjan semakin antusias sewaktu mengikuti acara pembukaan seremonial penyambutan studi banding pagi itu. Acara seremonial penyambutan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB yang diawali dengan pembagian Majalah An-Nasyith dan buku panduan pedoman MATSAMA. Seusai acara seremonial studi banding dibuka oleh Bapak Musthofa Al-Makki, M.Pd., sebagai MC, acara dilanjutkan dengan pemutaran video profil MA Almaarif Singosari, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan ayat-ayat suci Alquran yang dilantunkan oleh Wildan Alif Muhammad dari kelas X IPS 1.  

Acara seremonial dilanjutkan dengan penyampaian sambutan pertama oleh Bapak H. Sahlan, S.Ag., M.Si., selaku Kepala MA An-Nawawi Berjan. Beliau menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada MA Almaarif Singosari atas penyambutan yang ramah. Selain itu, beliau juga meminta bimbingan pengalaman dari MA Almaarif Singosari dalam mengelola lembaga karena MA An-Nawawi Berjan yang berdiri pada tahun 1999-2000 notabene masih baru dan butuh banyak masukan. Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Abdul Kadir, M.H., selaku Kepala MA Almaarif Singosari. “Kita sama-sama belajar dalam mengembangkan madrasah yang senantiasa berpegang teguh pada organisasi nahdlatul ulama. Maka dari itu, kita harus selalu bekerja sama dengan menjaga tali silaturahim atau tali persaudaraan ini,” ungkap Bapak Kadir (6/1/22).

Di sela-sela penyampaian sambutan, ada persembahan lagu berjudul “Takan Berpaling Darimu” yang dinyanyikan oleh Sendy Nabila Putri Rahmawati seketika berhasil memecahkan suasana kemeriahan di dalam auditorium. Kemudian, sambutan ketiga disampaiakan oleh Bapak H. Anas Noer, S.H., selaku ketua Yayasan Pendidikan Almaarif (YPA) Singosari. Beliau menceritakan sejarah awal didirikannya Yayasan Pendidikan Almaarif Singosari dan khususnya MA Almaarif Singosari hingga sampai saat ini. Tepat pukul 10.39 WIB, acara seremonial dilanjutkan dengan pemberian cendera mata oleh MA Almaarif Sinmgosari kepada MA An-Nawawi Berjan sebagai tanda penguat tali silaturahim. Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Nur Cahyat, S.Pd.I., dari MA An-Nawawi sebagai tanda telah usainya acara seremonial penyambutan studi banding.

Pukul 11.00 WIB, acara studi banding dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan antara tim volly MA Almaarif Singosari melawan tim volly MA An-Nawawi Berjan yang bertempat di halaman MA Almaarif Singosari. Masing-masing tim melakukan pemanasan sekitar sepuluh menit sebelum memulai pertandingan persahabatan. Suasana semakin meriah dengan adanya adu yel-yel antar supporter saat pelaksanaan pertandingan. Pertandingan dimulai dengan waktu 45 menit (3 set) dengan point 2-1 yang dimenangkan oleh tim volly MA Almaarif Singosari. Kendati demikian, adanya pertandingan volly kali ini bukan bermaksud untuk mengunggulkan salah satu sekolah melainkan sebagai tanda persahabatan antar kedua sekolah.

Tak hanya dalam bidang olahraga, OSIS MA An-Nawawi Berjan juga mempererat tali silaturahim bersama pengurus PK. IPNU-IPPNU MA Almaarif Singosari dengan mengadakan rapat singkat di ruang perpustakaan. Kedua organisasi intra sekolah ini membahas program kerja, berbagi pengalaman, tanya jawab, dan bertukar isi pikiran untuk sama-sama mengembangkan organisasi resmi di bawah naungan sekolah. Para pengurus OSIS MA An-Nawawi Berjan mengungkapkan apresiasi pada pengurus PK. IPNU-IPPNU MA Almaarif Singosari saat diskusi ringan. “Sekolahnya keren, ramah, seru, terus siswa-siswi dari PK. IPNU-IPPNU  cekatan kalau ada apa-apa,” ungkap Mbak Widya dan Mbak Lilis. “Hebat, solidaritasnya kuat, dan antusiasnya keren,” tutur Mas Denis Setiawan. “Sopan santunnya terjaga ya, ramah, dan supportif banget,” ucap Mas Susfi Hafifa Hanif. “Meskipun ada beberapa peraturan berbeda dengan sekolah yang di sana (MA An-Nawawi Berjan), tapi di sini (MA Almaarif Singosari) enjoy,” pungkas Hoirul Fatah.

Semoga studi banding MA An-Nawawi Berjan ke MA Almaarif Singosari kali ini membawa energi positif bagi kedua madrasah untuk sama-sama mengembangkan diri dalam meraih kemajuan dan kesuksesan. Momentum berharga kali ini semoga juga dapat mempererat tali silaturahim dan kerja sama antar kedua madrasah. #jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun instagram @aliyahsgs,dan tambahkan teman facebook MA Almaarif Singosari 

Singosari, 08 Januari 2022
report by:

Diana Anggita Nareswari
Siswa Kelas XI IIS 1
*Penulis merupakan ketua Himpunan Siswa Penulis (HSP)/Ekstrakurikuler Jurnalistik dari  kelas XI IPS 1.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?