Malam Berkah, Sambut Awal Pembukaan PPDB 2022 dengan Pengajian dan Istigasah

Selasa (30/11/21), segenap Bapak/Ibu guru beserta staf MA Almaarif Singosari hadiri pengajian selasa malam rabu bakda salat maghrib berjemaah di Musala Soeratmin. Kegiatan rutin sepekan sekali ini diisi dengan mengkaji kitab Bidayatul Hidayah yang diasuh oleh Ustaz Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I., hingga masuk waktu salat isya. Pada kesempatan yang baik itu Ustaz H. Slamet menjelaskan fasal tentang adab bangun tidur yang termuat dalam kitab bidayah halaman dua belas. Selanjutnya, ada empat inti sari yang disampaikan Ustaz H. Slamet dalam pengajian di malam penuh berkah tersebut.

          Pertama, kita harus berusaha bangun sebelum fajar agar mendapatkan keutamaan salat fajar yang fadilahnya adalah mendapatkan dunia dan seisinya. Salat masih gelap (malam) itu lebih utama dari pada sudah terang(siang) karena disaksikan langsung oleh malaikat malam dan malaikat siang. Kedua, kita harus mengingat Allah SWT saat bangun tidur, minimal baca doa bangun tidur. Sebab saat manusia tidur, setan memasangkan tiga ikatan pada diri manusia. Jika manusia bangun dan berzikir, maka putuslah satu ikatan. Lalu jika manusia berwudu, maka putus lagi ikatan kedua dan jika dilanjut mengerjakan salat, maka lepaslah seluruh ikatannya. Sehingga, pada hari itu manusia akan menjadi bersemangat dan tidak malas lagi.

          Ketiga, kita harus baca doa menjelang pagi agar mendapatkan rahmat dan pertolongan dari Allah SWT. Doa ini berbunyi, “Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.” Artinya, “Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan bagi semua makhluk.” Keempat, saat berpakaian (setelah bangun) berniatlah melaksanakan perintah Allah SWT dengan menutup aurat dan jauhilah berniat agar dipuji manusia (pamer) agar kelak tidak merugi.

          Seusai pengajian dan salat isya berjemaah, acara dilanjutkan dengan pembacaan istigasah awal bulan desember. Istigasah kali ini diniatkan khusus untuk kesuksesan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), dan ilmu nafi’. Pembaacaan istigasah dipimpin langsung oleh Bapak Istiono, S.Pd.I., sedangkan doa istigasah dipimpin oleh Ustaz Drs. H. Slamet Hariyono, M.Pd.I., Tampak Bapak/Ibu guru begitu khitmat dalam mengikuti jalannya istigasah malam itu. Di penghujung acara, Bapak Abdul Kadir, M.H., menyampaikan sambutan sekaligus beberapa informasi penting madrasah. “Aljama’atu rahmatun wal furqotu adzabun, persatuan adalah rahmat dan perpecahan adalah adzab,pungkas Bapak Kadir dalam sambutannya.  

          Semoga dengan terlaksananya pengajian dan istigasah awal bulan tersebut menjadikan civitas academica MA Almaarif Singosari senantiasa diliputi keberkahan, kemanfaatan, dan keutamaan. Semoga juga segala hajat keluarga besar MA Almaarif Singosari senantiasa dimudahkan oleh Allah SWT. Amin. #Jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube (YT) MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun instagram (IG) @aliyahsgs, dan  sukai halaman facebook (FB) MA Almaarif Singosari

Singosari, 02 Desember 2021
report by:
WhatsApp Image 2021-06-05 at 11.26.54

Indra Nurdianto, M.Pd
http://indranurdianto.gurusiana.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?