Setengah Jam, HSP Berhasil Tulis Pentigraf

Setengah Jam, HSP Berhasil Tulis Pentigraf
Oleh Atyatul Fidlya*

Sabtu, (21/9/19) anggota Himpunan Siswa Penulis (HSP) atau anggota ekstrakurikuler jurnalistik belajar bersama menulis pentigraf (cerpen tiga paragraf) pada pertemuan ketiga. Pertemuan kali ini dihadiri para anggota HSP yang berasal dari kelas X dan XI berbagai jurusan. Bapak Indra Nurdianto, S.Pd. selaku pembina ekstrakurikuler menyampaikan materi pentigraf dengan jelas. Anggota HSP pun antusias menyimak penjelasan beliau.

Suasana ruangan menjadi hening tanpa suara ketika para anggota HSP memulai aktivitas menulis pentigraf. Para anggota HSP berkonsentrasi penuh saat berkutat dengan tulisannya masing-masing. Selang beberapa menit, para anggota HSP telah berhasil menyelesaikan tulisannya. Pentigraf dari karya angota HSP ini kemudian dibacakan dan didiskusikan bersama di depan kelas dipandu oleh Bapak pembina. Semua pentigraf yang dibacakan terdengar bagus dan menarik meskipun hanya setangah jam-an atau hanya beberapa menit saja berhasil ditulis.

Pertemuan yang dilaksanakan mulai pukul 12.30—14.00 wib menghasilkan antologi pentigraf dari para anggota HSP yang terbilang memuaskan. Antologi pentigraf ini merupakan hasil refleksi dari materi yang sudah disampaikan oleh Bapak pembina. Nantinya, karya pentigraf ini akan diunggah di website aliyah sebagai karya siswa supaya bisa diapresiasi oleh semua pihak. “Anggota HSP harus selalu produktif dalam menulis sebuah karya, entah itu berbentuk puisi, prosa, atau drama,” tutup Bapak Indra di pertemuan kali ini. Salam literasi. (IA). Jangan lupa follow akun instagram @hspaliyahalmaarif.

*Penulis adalah anggota ekstrakurikuler jurnalistik (HSP) atau siswi kelas X IBB 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?