Tetap Aktif Berkegiatan Bersama Forum Osis

Rabu-Jum’at (1-3/9/21), Forum OSIS Sulawesi Selatan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tingkat Nasional. Kegiatan ini bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti Forum OSIS Lampung, Forum OSIS Jawa Timur, Kemendikbud, Kemenag, PGRI, PT. Balai Pustaka, Bank Syariah Indonesia, BUMN, TVRI, Rabbani, KNPI, dan Kampung Literasi Ciamis. Pihak-pihak ini bersatu padu dalam mendukung kegiatan LDK dengan tajuk “OSIS Colaborations Festifal 2021”. Kegiatan ini menjadi hal yang menarik dan bermanfaat untuk diikuti oleh seluruh sekolah menengah pertama/sederajat dan sekolah menengah atas/sederajat yang ada di Indonesia.

Bapak H. Ahmad Wahyu Saputra, S.IP., M.H., selaku Founder Forum OSIS Provinsi Sulawesi Selatan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan moto agar generasi milenial berperan dalam membangun peradaban bangsa di era revolusi industri 4.0. Kegiatan LDK kali ini dilaksanakan melalui zoom meeting karena masih dalam masa pandemi. Kendati demikian, kegiatan OSIS Colaborations ini begitu menarik dan bermanfaat bagi guru dan siswa OSIS. Tidak mau tertinggal, MA Almaarif Singosari juga turut serta dalam kegiatan yang bermanfaat ini. Sebanyak tujuh siswa-siswi dari pengurus PK. IPNU IPPNU MA Almaarif Singosari menjadi delegasi dalam kegiatan LDK kali ini.

Kegiatan OSIS Colaborations ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 1–3 September 2021. Pada hari pertama atau tanggal 1 September, kegiatan ini diisi dengan materi LDK yang disampaikan oleh para narasumber hebat, seperti Andi Sudirman Sulaiman, S.T., (PLT Gubernur Sulawesi Selatan), Drg. Muh. Arief Rosyid, M.Km., (Ketua PB HMI 2013-2015 Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia), Dr. Ir. Achmad Fachrodji (direktur utama PT. Balai Pustaka Persero BUMN), Harus Permata, S.H., (Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia), Drs. M. Syamsuri, M.Pd., (Kepala Bidang Madrasah Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur),  H. Ahmad Wahyu Saputra, S.Ip., M.H., (Founder Forum OSIS Provinsi Sulawesi Selatan), Muhammad Zulkifli (Ketua Forum OSIS Sulawesi Selatan), Nur Sakinah (Artis/Model), Yulindha Putri Yusfalda (Artis/Penyanyi) Zanzabela (Penyiar/Presenter TVRI Jawa Timur).

LDK virtual ini tidak hanya sebatas membahas tentang materi saja, tetapi juga adanya sesi keaktifan dan kreativitas para siswa yang mengikuti kegiatan. Pada hari kedua atau tanggal 2 September, kegiatan diiis dengan lomba Festival Musik dan Nasyid yang mengasah keaktifan dan keberanian para siswa. Di hari terakhir atau pada tanggal 3 September, kegiatan diisi dengan lomba video content yang wajib diikuti oleh semua peserta. Lomba ini mengharuskan para siswa memperkenalkan sekolahnya melalui cuplikan video. Selanjutnya, jumlah peserta yang telah terdaftar dalam LDK virtual ini sebanyak 300 sekolah/madrasah mulai dari jenjang SMP/MTs sampai SMA/MA, baik itu negeri maupun swasta. Terakhir, kegiatan ini diselanggarakan untuk saling bekerja sama antar berbagai pihak dalam membentuk karakter kepemimpinan di lingkup sekolah/madrasah. (Daw/Red)

#jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun instagram @aliyahsgs,dan tambahkan teman facebook MA Almaarif Singosari

Singosari, 15 September 2021
report by:

Ahmad Dawlillah
anggota aktif Himpunan Siswa Penulis (HSP) dari  kelas XII MIA 2.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?