TIM EKSKUL JURNALISTIK (HSP) PRAKTIK MENULIS REPORTASE

WhatsApp Image 2019-09-08 at 10.45.06 (1) WhatsApp Image 2019-09-08 at 10.45.06
Oleh Rosalina Firdausi*

Sabtu siang (7/9/19), segenap anggota ekstrakurikuler jurnalistik atau tim Himpunan Siswa Penulis (HSP) MA Almaarif Singosari bersama-sama praktik menulis reportase. Pada kesempatan kali ini, pembina ekstrakurikuler jurnalistik Aliyah Almaarif – Bapak Indra Nurdianto, S.Pd. – memberikan bimbingan langsung pada anggota HSP untuk menulis reportase (laporan suatu kejadian atau peristiwa), terlebih mengenai kegiatan madrasah. Ekstrakurikuler yang diikuti oleh siswa-siswi pencinta literasi ini berlangsung seusai pulang sekolah sampai pukul 14.00 wib di ruang kelas X MIA 1.

Pada pertemuan kali ini, tim HSP bersama Bapak Indra bersama-sama belajar tentang teori menulis reportase sekaligus mempraktikannya secara langsung. Materi ekstrakurikuler yang disampaikan dan diajarkan tentang reportase ini guna mengembangkan keterampilan menulis para anggota HSP dalam merekam setiap kejadian atau peristiwa yang ada di sekitar. Antusiasme tergambar dari raut wajah para anggota HSP ketika sedang menyimak penjelasan materi dan praktik menulis reportase mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang sedang berlangsung saat itu. Mereka pun  mengumpulkan hasil tulisannya pada bapak pembina untuk selanjutnya dikomentari dan didiskusikan bersama. “Satu tulisan reportase terbaik dari para anggota akan diunggah di website aliyah,” ungkap Bapak Indra dalam memotivasi siswa binaanya.

Seseorang yang menulis reportase (laporan peristiwa) bisa mendatangkan banyak manfaat, baik bagi penulis juga bagi pembaca. Menulis reportase tidak hanya sekedar menulis berita biasa, tetapi juga harus mengetahui teknik dan unsur-unsur yang melengkapinya. Kejadian atau peristiwa yang disampaikan penulis dalam bentuk reportase ini juga harus bersifat objektif. “Semua anggota HSP bisa mengasah kemampuan menulisnya ketika melihat atau mengikuti kegiatan yang ada di madrasah ini, seperti saat acara Bulan Bahasa Sastra (BBS), harlah madrasah, sertijab IPNU-IPPNU, wisuda, dan lain sebagainya,” tutur Bapak Indra di sela-sela menyampaikan materinya. Semoga ekstrakurikuler jurnalistik atau Himpunan Siswa Penulis (HSP) ini semakin eksis dan terus produktif dalam memunculkan karya-karya literasi melalui sebuah tulisan. Jangan lupa follow akun instagram HSP @hspaliyahalmaarif. (RF)

 

*Penulis adalah anggota ekstrakurikuler jurnalistik (HSP) atau sisiwi kelas XI IBB 1

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?