Tim Kurikulum Madrasah Gelar Sosialisasi Jalur Masuk PTN 2022

Pada awal tahun baru kali ini tim kurikulum MA Almaarif Singosari gelar sosialisasi jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi siswa kelas XII di Musala Soeratmin lantai dua. Sosialiasisi yang notabene merupakan agenda rutin setiap awal pembelajaran semester genap atau mendekati kelulusan bagi siswa kelas XII ini dipimpin langsung oleh Bapak Khoirul Anam, S.Pd., selaku waka kurikulum. “Ada beberapa jalur masuk PTN yang bisa dilewati oleh para siswa kelas XII, diantaranya SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri,” ungkap Bapak Anam (8/1/22). Beliau juga menambahkan bahwa SNMPTN merupakan jalur masuk PTN bagi siswa eligible, yakni yang memenuhi kriteria 40% terbaik di jurusannya masing-masing. Sementara itu, SBMPTN merupakan jalur masuk PTN berdasarkan hasil UTBK atau UTBK dengan kriteria lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Diadakannya sosialisasi oleh tim kurikulum ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai sistem masuk perkuliahan sekaligus membantu siswa kelas XII dalam menentukan pilihan PTN yang diminati. Hal ini diharapkan agar siswa kelas XII bisa lancar masuk ke PTN yang diminati tersebut, sehingga madrasah juga akan dapat benefit dari siswa yang diterima di PTN, khususnya melalui jalur SNMPTN. Kegiatan sosialisasi jalur masuk PTN kali ini berjalan begitu antusias dengan adanya dialog interaktif antara siswa kelas XII dengan tim kurikulum MA Almaarif Singosari. Dialog kali ini diisi dengan tanya jawab seputar kredibilitas lembaga LTMPT, alur masuk PTN melalui jalur SNMPTN, serta jadwal seleksi.

Lebih jauh, Bapak Anam menjelaskan kepada siswa kelas XII bahwa Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes yang tetap, kredibel, proporsional, efisien, dan efektif. Lembaga ini berfungsi mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN maupun SBMPTN oleh rektor PTN, melaksanakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK), serta menyampaikan hasil UTBK kepada peserta sekaligusS PTN tujuan. Bapak Anam menambahkan keterangan lagi seputar SNMPTN bahwa terdapat beberapa alur masuk PTN melalui jalur ini, yaitu pembuatan akun LTMPT, sosialisasi PDSS dan SNMPTN, penetapan siswa eligible, pengisian PDSS, pendaftaran SNMPTN, lalu pengumuman hasil SNMPTN. Kendati demikian, siswa kelas XII yang ikut seleksi jalur SNMPTN ini boleh memilih dua mata pelajaran asalkan bukan yang lintas minat.

Semoga dengan adanya sosialisai masuk PTN ini dapat memberikan pengarahan bagi siswa kelas XII MA Almaarif Singosari dalam memilih kampus dan jalur masuk PTN yang tepat, sehingga dapat membawa nama baik serta kemajuan madrasah. #jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun instagram @aliyahsgs,dan tambahkan teman facebook MA Almaarif Singosari

*Penulis merupakan anggota aktif Himpunan Siswa Penulis (HSP) dari  kelas XI MIA 2.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?