Visitasi Akreditasi Daring MA Almaarif Singosari

Senin (6/09/21), visitasi akreditasi daring MA Almaarif Singosari memasuki hari pertama dengan agenda jadwal pelaksanaan selama dua hari. Visitasi yang dilaksanakan melalui moda zoom meeting ini dipimpin langsung oleh dua asesor dari BAN-S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah), yakni Bapak Didik Sugiharto, M.Pd., selaku ketua asesor/asesor 1 dari Diknas dan Bapak Machfud Efendi, S.Pd., M.Ag., selaku anggota asesor/asesor 2 dari Kemenag. Visitasi akreditasi yang dilaksanakan secara daring untuk kali pertama ini menggunakan sistem sesi dengan berbagai kegiatan dan metode yang melibatkan seluruh warga MA Almaarif Singosari. Kendati berbeda teknis dengan akreditasi pada tahun 2016 yang dilaksanakan secara luring, seluruh tim akreditasi MA Almaarif Singosari tampak dengan baik telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama pelaksanaan akreditasi daring tahun ini. Visitasi akreditasi via daring yang telah ditentukan oleh BAN-S/M ini dilaksanakan melalui berbagai pertimbangan terkait masih dalam masa pandemi dan perpanjangan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level di Jawa-Bali, khususnya di Malang Raya yang berstatus level 3.

          Pada hari pertama, Bapak/Ibu tim akreditasi MA Almaarif Singosari bersama asesor dan tamu undangan tampak antusias dalam mengikuti serangkaian acara pembukaan sesi pertama visitasi akreditasi daring di tahun 2021 ini. Serangkaian susunan dan pengisi acara tersebut, yakni pembukaan oleh MC (Bapak Khoirul Anam, S.Pd.), pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh siswa kelas X IIS 1 (Wildan Alif Muhammad), menyayikan lagu Indonesia Raya dipandu oleh tim akreditasi madrasah (Ibu Naila Saidah, S.Pd.I.), sambutan oleh kepala madrasah (Bapak Abdul Kadir, S.H.), sambutan oleh asesor (Bapak Didik Sugiharto, M.Pd., dan Bapak Machfud Efendi, S.Pd., M.Ag), serta diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh ketua YPA (Bapak Drs. H. As’ary Sarbani, S.H.). Seusai pelaksanaan pembukaan visitasi, dilanjutkan sesi telaah dokumen dan wawancara oleh asesor kepada pimpinan madrasah terkait rencana pengembangan, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, serta capaian dan rencana pengembangan madrasah yang diakreditasi.  Dalam sesi ini, tampak kepala madrasah dan para wakilnya dengan lugas menjawab berbagai pertanyaan dari kedua asesor.

          Tepat pukul 10.00 WIB, agenda dilanjutkan dengan sesi wawancara dan telaah dokumen oleh asesor kepada (midlle) manajemen madrasah dan tenaga kependidikan yang meliputikepala laboratorium, kepala perpustakaan, guru BK, petugas laboratorium, serta petugas perpustakaan. Dalam sesi ini, suasana tampak santai dan akrab tanpa adanya ketegangan antara asesor dengan tim akreditasi, khususnya saat sesi wawancara dengan Bapak M. Tauhid, S.H., S.Pd., selaku kepala perpustakan madrasah. Seusai jeda istirahat selama satu jam untuk salat Zuhur dan makan siang, agenda dilanjutkan dengan sesi wawancara serta telaah dokumen kepada enam guru dari kelas/tingkat yang berbeda dan beberapa para pembina ekstrakurikuler. Sesi ini berlangsung selama sembilan puluh menit yang terasa begitu singkat sebab jawaban-jawaban taktis dari para guru dan pembina ekstrakurikuler. Agenda terakhir di hari pertama akreditasi daring ini diisi dengan wawancara pada dua siswa setiap jurusan dari kelas/tingkat yang berbeda dan penyebaran angket/kuisioner pada siswa dengan jumlah 50% setiap kelas. Agenda akreditasi pada hari pertama setiap sesi tersebut telah berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang krusial, hanya sekali asesor keluar zoom meeting akreditasi sebab pemadaman listrik di daerahnya.

          Pada hari kedua mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB, asesor melaksanakan observasi kelas pada dua guru madrasah dan beberapa siswa melalui proses pembelajaran atau micro teaching secara daring. Guru model yang diobservasi dalam sesi ini, yaitu Ibu Yuyun Nurus Shoum, S.Si., sebagai guru mata pelajaran biologi dan Ibu Umu Salamah, S.Pd., sebagai guru mata pelajaran Fisika. Selama pelaksanaan observasi micro teaching, tampak guru model bersama para siswa telah melaksanakan pembelajaran dengan metode yang menarik dan suasana yang menyenangkan. Sesi selanjutnya diisi dengan wawancara dan telaah dokumen oleh asesor pada dua orang tua siswa, komite madrasah, serta tokoh masyarakat/pendidikan di sekitar madrasah.  Sesi ini berjalan kurang lebih selama dua jam sebelum diakhiri dengan istirahat untuk melaksanakan salat Zuhur dan makan siang. Agenda seusai istirahat, yakni kerja mandiri oleh tim asesor dengan mengisi sispena/sistem penilaian akreditasi (aplikasi penilaian akreditasi sekolah/madrasah berbasis web), menyiapkan draf berita acara, dan rekomendasi hasil akreditasi. Sesi ini berjalan sesuai jadwal selama dua jam, mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB.

              Agenda terakhir akreditasi daring pada hari kedua diisi dengan penutupan visitasi melalui penyampaian simpulan hasil visitasi, penandatanganan berita acara visitasi, dan refleksi oleh asesor bersama pimpinan madrasah dan tamu undangan. Sesi ini berlangsung mulai pukul 15.00 – 16.00 WIB yang diawali dengan penyampaian kesimpulan oleh Bapak Didik Sugiharto, M.Pd., selaku ketua asesor/asesor 1 dari Diknas. Sebelum menyampaikan kesimpulan visitasi akreditasi, Bapak Didik memiliki kesan tersendiri kepada warga MA Almaarif Singosari yang mana gurunya ramah-ramah dan SDM-nya bagus-bagus. Hal ini disampaikan Bapak Didik seusai mengamati para guru MA Almaarif Singosari saat menjawab berbagai pertanyaan dari asesor dalam sesi wawancara dan telaah dokumen. ”Alhamdulillah selama dua hari visitasi secara daring ini, saya merasakan bahwa para guru MA Almaarif Singosari ramah-ramah dan memiliki SDM yang bagus, terlebih  guru yang sudah sertifikasi sebanyak tujuh belas,”ujar Bapak Didik.

            Bapak Didik selaku ketua asesor telah memberikan beberapa catatan terkait komponen inti akreditasi (manajemen sekolah, proses pembelajaran, mutu lulusan, dan mutu guru) sekaligus refleksi pada tim akreditasi madrasah yang bertujuan untuk kebaikan MA Almaarif Singosari. Bapak didik juga menyampaikan pada tim akreditasi MA Almaarif Singosari bahwa penilaian visitasi ini tidak mutlak dari asesor lapangan saja, tetapi ada tim verifikasi yang juga akan menilai dokumen-dokumen yang telah diunggah. Bapak didik juga menyampaikan permintaan maaf atas adanya kendala jaringan saat pemadaman listrik sekaligus menyampaikan terima kasih kepada MA Almaarif Singosari telah menyiapkan tim media yang maksimal dalam pelaksanaan visitasi akredasi daring kali ini. Bapak Machfud selaku anggota asesor juga menambahkan beberapa catatan untuk tim akreditasi MA Almaarif Singosari terkait managemen madrasah.

             Harapan-harapan dari kepala madrasah dan ketua komite madrasah menyambung penyampaian kesimpulan serta refleksi dari kedua asesor visitasi akreditasi. “Kami berharap hasil visitasi akreditasi kali ini bisa maksimal, meskipun tidak ada lembaga yang secara pasti sempurna dari segi sistem maupun administrasi. Namun, setidaknya usaha dari kami untuk terus mengembangkan dan memajukan lembaga ini melalui akreditasi merupakan bagian dari meneruskan cita-cita para pendiri,”  ujar Bapak Kadir selaku kepala madrasah. “Kami berharap MA Almaarif semakin SAE dan tetap dipercaya oleh masyarakat,” harap Bapak Rudi selaku ketua komite dalam sesi refleksi. Bapak Asy’ari selaku ketua YPA juga menyampaikan harapan dan refleksi dalam sesi terakhir visitasi tersebut. “Terima kasih kepada para asesor yang telah memberikan masukan-masukan positif untuk lembaga kami dan kami juga memohon maaf atas kekurangan di lembaga kami sekaligus akan mengevaluasi berdasarkan masukan-masukan dari para asesor,” ujar Bapak Asy’ari. Agenda visitasi akreditasi daring pada hari itu ditutup dengan doa yang dimpinpin oleh Bapak H. As’ary Sarbani, S.H., selaku ketua YPA. Tampak asesor dan para guru MA Almaarif Singosari penuh khidmat selama pembacaan doa. Semoga visitasi akreditasi daring MA Almaarif Singosari tahun 2021 ini mendapatkan hasil yang maksimal dengan tetap berstatus terakreditasi “A” seperti pada akreditasi periode sebelumnya. Amin.

#jangan lupa kunjungi laman website https://www.ma-almaarif-sgs-sch.id, subscribe channel youtube MA Almaarif Singosari Malang, ikuti akun instagram @aliyahsgs, dan tambahkan teman facebook MA Almaarif Singosari

Singosari, 09 September 2021
report by:
WhatsApp Image 2021-06-05 at 11.26.54

Indra Nurdianto, M.Pd
http://indranurdianto.gurusiana.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
1
Hubungi Kami
MA ALMAARIF SINGOSARI
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi PPDB ?